Senin, 19 Februari 2018

Cara Menstimulasi Perkembangan Gerak Halus bayi 0-3 bulan

Perkembangan si buah hati yang baru lahir menjadi hal yang dinanti-nanti para orang tua tentunya ya bun, apalagi di awal-awal pertumbahan karena menjadi penentu untuk tumbung kembang bayi selanjutnya. Yang biasanya paling nampak adalah kemampuan gerak bayi, dimana kemampuan gerak bayi digolongkan menjadi dua macam yaitu kemampuan gerak kasar dan gerak halus. 
Di usia bayi 0-3 bulan kemampuan gerak kasar bayi yang sudah nampak adalah mengangkat kepala, berguling-guling, dan menahan kepalanya tetap tegak. Kemudian untuk kemampuan gerak halus juga bisa mulai diperhatikan ya bun, karena untuk kemampuan gerak halus tersebut memerlukan media untuk bisa dilihat. Jadi sebagai orang tua perlu memberikan stimulasi pada si buah hati, bagaimana caranya? Bisa bunda ikuti cara-cara berikut:

  1. Melihat, meraih dan menendang mainan gantung
Stimulasi yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengikat sebuah tali menyilang diatas tempat tidur bayi. Gantungkan pada tali tersebut benda/mainan berputar atau berbunyi, berwarna cerah. Bayi akan tertarik dan melihat, menendang atau menggapai mainan tersebut. Pastikan benda tersebut tidak bisa dimasukkan ke mulut bayi, dan tali tidak akan terlepas dari ikatannya.

2. Memperhatikan benda bergerak
Perlu diketahui orang tua bahwa bayi senang memperhatikan wajah seseorang, gambar, benda atau mainan menarik berwarna cerah. Maka bunda dapat menstimulasi si buah hati agar memperhatikan benda bergerak dengan cara dekatkan wajah bunda, gambar, atau mainan menarik ke wajah bayi agar ia melihat dan memperhatikannya. Kemudian gerakkan perlahan-lahan wajah bunda atau benda-benda itu ke sisi kanan dan kiri sehingga bayi ikut memperhatikannya.

3. Melihat benda-benda kecil
Agar bayi dapat melihat benda-benda yang kecil maka berikan stimulasi dengan cara pangku bayi di dekat sebuah meja, kemudian jatuhkan sebuah benda kecil (misal: kacang) dari atas meja, tepat didepan si kecil. Bunda juga dapat memutar benda itu di atas meja dan melihat apakah si kecil memperhatikannya. Tapi perhatikan ya bun, jaga si kecil agar tidak menelan benda tersebut.

4. Memegang benda
Untuk menstimulasi bayi bisa memegang benda yaitu dengan cara meletakkan benda/mainan kecil yang berbunyi atau berwarna cerah di tangan bayi, atau sentuhkan benda tersebut pada punggung jari-jarinya. Bunda dapat mengamati cara si kecil memegang benda tersebut. Semakin bertambah usianya, ia akan semakin mampu memegang benda-benda kecil dengan ujung jarinya (menjimpit). Tetap jaga si kecil ya bun, agar benda tersebut tidak melukai atau tertelan.

5. Meraba dan merasakan bentuk permukaan
Bunda bisa mengajak bayi meraba dan merasakan berbagai bentuk permukaan seperti mainan binatang, mainan plastik, kain-kain perca, karet dan sebagainya. Perlu diingat, bayi mungkin akan memasukkan benda-benda tersebut ke mulutnya, jadi pastikan benda-benda itu tidak terlalu kecil atau mudah disobek dan tertelan.


1 komentar: