Rabu, 07 Februari 2018

Cara mengatasi biang keringat pada bayi

 Sebagai ibu yang sayang banget sama buah hatinya pasti gak mau lihat si kecil kenapa2 ya bun. Misalnya kalau si buah hati kena biang keringat, yupp sepertinya si biang keringat ini sering dialami oleh bayi2. Orang dewasa aja ngerasa gatal dan gak nyaman kalau kena biang keringat apalagi bayi ya bun. Seperti yang dialami sheza waktu umur 2-3 minggu. Waktu itu gak tega rasanya ngelihat sheza, pasti dia ngerasa risih, gatal dan gak nyaman.

 Nah, biang keringat ini bisa muncul karena cuaca panas dan lembab atau jika bayi demam. Selain itu, bisa juga karena pori2 kulit buah hati tersumbat dan keringat tidak bisa keluar.
 Biasanya biang keringt akan hilang sendiri dalam beberapa hari, tapi tetap ada kok yang bisa bunda lakukan untuk mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman yang ditimbulkan akibat biang keringat. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan ya bun:

  • Pindahkan bayi ke ruangan yang sejuk untuk menghindari udara panas dan lembab. Jika bunda menggunakan AC dan kipas angin, jangan arahkan langsung ke tubuh bayi ya bun,,
  • Pilih pakaian bayi dari serat alami bun, hindari memakaikan pakaian dari bahan sintetis. Kenapa? Karena kain sintetis dapat memerangkap panas. Selain itu, bunda juga bisa melonggarkan pakaian yang dikenakan si buah hati.
  • Jangan terlalu sering menggendong bayi ya bun, karena bayi akan menghadapi dua sumber panas yaitu suhu ruangan dan suhu tubuh bunda. 
  • Dinginkan kulit bayi yang terkena biang keringat dengan handuk basah dingin, dan jangan dipakein bedak ya bun.
  • Karena kita berada di daerah tropis, mandikan bayi 2x sehari ya bun,,
  • Terakhir gunakan krim dan lotion jika diperlukan atau jika biang keringat sangat parah, tapi jangan gunakan krim dan lotion di area dekat mata ya bun,,,

Semoga dengan melakukan cara2 tadi biang keringat yang dialami buah hati bunda bisa langsung kabur tanpa balik2 lagi dan si buah hati bisa happy lagi deh,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar