Senin, 19 Februari 2018

Cara Menghadapi Persalinan

Menyambut kelahiran buah hati adalah hal yang paling membahagiakan buat setiap orang tua pastinya, namun juga menjadi masa yang menegangkan. Siapa sih yang gak dag dig dug kalau menjelang persalinan, yap hampir semua wanita pasti punya kekhawatiran masing-masing dalam menjelang persalinan. Apalagi buat calon bunda yang akan menghadapi persalinan untuk pertama kali. Membayangkan proses persalinan akan membuat bunda berpikiran akan sakitnya proses persalinan, apakah perrsalinan dapat berjalan seperti bagaimana seharusnya atau tidak, mungkin juga terlintas rasa takut jika tidak dapat bersalin secara normal. Hal yang demikian wajar dialami ibu hamil, namun apakah hal ini dibiarkan saja? Tentunya tidak, ada beberapa kegiatan yang dapat bunda lakukan dalam mempersiapkan diri menjelang persalinan agar terhindar dari kekhawatiran yang berlebihan. Lalu bagaimana caranya? Simak ulasan berikut.

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan persalinan:
1. Senam hamil
Diantara banyak manfaat senam hamil salah satunya adalah menyiapkan diri untuk persalinan. Bunda dapat mengikuti kelas ibu hamil yang biasa diadakan di rumah sakit ibu dan anak, biasanya instrukturnya adalah bidan. Disana nanti ibu hamil akan diajarkan cara mengatur pernapasan yang juga berguna untuk persalinan nanti. Selain dapat melakukan senam hamil, bunda juga dapat bertukar pengalaman dengan ibu hamil lainnya. Tapi jika ingin melakukan senam hamil dirumah juga bisa loh, tidak harus di kelas ibu hamil.

2. Berjalan-jalan
Nah ini olahraga yang aman, mudah dan murah buat ibu hamil. Saat mendekati persalinan berjalan-jalan juga akan membantu mempercepat waktu persalinan. Jadi bisa banget dilakukan kapan aja dan dimana aja bahkan saat proses persalinan berlangsung, karena berjalan-jalan dapat mempercepat pembukaan.

3. Hyopnobirthing
Hypnobirthing adalah metode yang menggunakan selft-hypnosis (hipnotis diri sendiri) dan teknik relaksasi untuk membantu calon ibu merasa siap dan mengurangi ketakutan, kecemasan atau tegang, dan rasa sakit saat melahirkan. Berdasarkan penelitian kesehatan, ini dapat membantu calon bunda mengatasi ketakutan sebelum persalinan. Bunda dapat mengikuti kelas ibu hamil untuk hyonobirthing, atau mengikuti kelas khusus bahkan bisa dilakukan saat proses persalinan. Dengan hypnobirthing ini bunda akan merasa rileks dan nyaman sehingga rasa takut, cemas atau tegang dan nyeri pun akan hilang.

4. Quality time bersama keluarga
Kenapa quality time bersama keluarga? Yap, quality time bersama keluarga adalah cara mudah mendapatkan support dari orang terdekat sehingga membuat psikologis ibu hamil menjadi bagus karena merasa nyaman dan aman bersama keluarga. Perlu dicatat ya bun dukungan keluarga adalah sangat penting, dimana ini dapat memperlancar proses persalinan nantinya.

5. Periksa kehamilan secara rutin
Yang ini pasti bunda udah tahu pengaruhnya, jika ibu hamil rutin memeriksakan kehamilan maka setiap perkembangan calon buah hati dapat terpantau dengan baik, sehingga pada saat persalinan nanti tidak ada peraaan khawatir yang berlebihan karena yakin calon bayinya pasti sehat dan dapat melahirkan dengan lancar. Bunda juga pasti merasa nyaman, bahagia mengikuti perkembangan buah hati dalam kandungan.

Nah dengan ini semoga bunda semakin percaya diri dalam menghadapi persalinan. Perlengkapan persalinan dan keperluan si buah hati sudah siap, mental bunda pun sudah siap, selamat menyambut kelahiran buah hati bunda.

1 komentar: