Minggu, 18 Februari 2018

Cara Mengatasi Ketidaknyaman Kehamilan; mual muntah, rasa gatal, keputihan, susah BAB, dll

Mendapatkan kehamilan adalah kebahagiaan luar biasa bagi seorang wanita, bahkan tidak hanya dirasakan oleh calon ibu tapi juga oleh calon ayah. Segala sesuatu yang mengiringi kehamilan akan menjadi hal yang menarik. Namun seperti perjalanan siang dan malam, ada terang ada gelap, seperti itu pula perjalanan bunda dalam menghadapi kehamilan. Kenikmatan mengikuti perkembangan calon buah hati yang masih dalam kandungan itu akan diiringi dengan adanya ketidaknyamanan yang timbul, diantaranya adalah rasa mual muntah, pusing, sering meludah, mengidam, timbul rasa gatal pada perut, sakit pinggang, keputihan, susah BAB, sering kencing/BAK serta banyak berkeringat. Mungkin diantara bunda yang sedang hamil akan mengalami keadaan tersebut, atau mungkin juga mengalami ketidaknyamanan yang lain.
Ketidaknyamanan selama kehamilan dapat muncul mulai dari awal kehamilan hingga menjelang persalinan. Lalu bagaimana caranya mengatasi ketidaknyamanan-ketidaknyamanan tersebut? Baiklah disini mama sheza mau berbagi tips mengatasi ketidaknyamanan saat hamil buat bunda sekalian ya,,

1. Mual muntah
Mual muntah pada kehamilan yang sering disebut morning sickness ini biasanya muncul pada awal kehamilan atau trimester pertama kehamilan, munculnya pun bervariasi ada yang hanya berakhir pada akhir trimester pertama ada pula yang berlanjut hingga trimester kedua. Hal yang bisa bunda lakukan untuk mengatasinya yaitu dengan cara mengurangi porsi makan atau makan sedikit tapi sering dan ketika bangun tidur tidak langsung bangun tetapi miring dulu, kemudian duduk baru bangun dan berdiri. Bunda dapat menghindari bau-bauan yang kuat seperti bumbu-bumbu masakan, lalu makan buah-buahan dan minum jahe hangat untuk mengurangi mual. Akan lebih bagus kalau jahe hangatnya dibuat sendiri ya bun.
2. Pusing
Rasa pusing dapat dialami oleh ibu hamil dapat disebabkan karena kelelahan, jadi bunda dapat beristirahat dengan tiduran untuk menghilangkan pusing tersebut.
3. Sering meludah
Hal ini disebabkan karena produksi air liur yang berlebih yang terjadi pada ibu hamil. Tips berdasarkan pengalaman saya adalah sering minum dan makan permen.
4. Mengidam
Mengidam dapat dialami oleh sebagian besar ibu hamil karena nafsu makan yang berkurang, bisa juga karena mual muntah sehingga menginginkan makanan tertentu yang dapat merangsang lidah dan selera makan. Apa yang diinginkan saat mengidam ini biasanya akan menimbulkan selera makan yang biasanya hilang akibat mual. Nah, buat suami bunda bisa jadi kesempatan loh ya memanjakan istri, hehehe,,,
5. Rasa gatal di perut
Rasa gatal ini biasanya akan menyebabkan bunda menggaruk perut hingga menimbulkan bekas bahkan lecet. Waktu hamil sheza, saya menggunakan baby oil untuk mengurangi rasa gatal di perut dan cukup mumpuni loh bun. Sebenarnya bisa juga menggunakan minyak zaitun, berhubung baby oil sekalian beli buat calon baby jadinya pakai baby oil. Pada dasarnya gatal yang dialami disebabkan karena kulit perut menjadi kering jadi fungsi baby oil atau minyak zaitun adalah melembabkan kulit.
6. Sakit pinggang
Sakit pinggang mulai dirasakan biasanya saat memasuki trimester dua kehamilan, hal ini disebabkan karena janin memerlukan banyak kalsium untuk pembentukan tulang yang diambil dari sang bunda. Jadi, solusinya adalah mengkonsumsi kalsium sesuai dengan kebutuhan ya bun. Perlu bunda tau ibu hamil butuh kalsium 1000mg per harinya yang dapat bunda penuhi dari makanan yang dikonsumsi, susu dan suplemen kalsium.
7. Keputihan
Keputihan yang dialami oleh ibu hamil adalah normal ya bun, selama masih dalam batas yang wajar. Cara mengatasinya yaitu dengan personal hygiene serta sering ganti celana dalam.
8. Susah BAB
Sembelit atau susah BAB sering dialami karena pengolahan makanan di usus berkurang sehingga BAB menjadi keras. Perbanyak konsumsi buah dan sayur adalah cara tepat untuk mengatasinya .
9. Sering BAK
Hal ini disebabkan karena pembesaran rahim dan janin sehingga menekan kandung kemih. Untuk hal ini tidak bisa dicegah ya bun, jika terasa ingin BAK maka segera cari kamar kecil solusinya.
10. Banyak berkeringat
Banyak berkeringat disebabkan ibu hamil sering megalami kegerahan, biasanya pada trimester akhir. Maka pakailah pakaian yang longgar, terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat dan nyaman dikenakan.

Nah, itu tadi beberapa tips dari mama sheza berdasarkan pengalaman saat hamil. Semoga bermanfaat,,

1 komentar: