Rabu, 14 Februari 2018

Stimulasi Kemampuan Bicara dan Bahasa pada Bayi usia 0-3 bulan

Dalam mengikuti tumbuh kembang si buah hati setiap orang tua pasti akan sangat antusias, selain dalam kemampuan gerak yang tak kalah menyenangkan adalah kemampuan bicara dan bahasa bayi. Betapa bahagianya bun ketika si buah hati yang begitu mungil tiba-tiba memanggil bunda dengan kata "mama". Jangankan untuk mengucapkan satu kata, si buah hati menggumam kata yang tidak jelas arti dan maksudnya pun rasanya sudah bersorak senang.
Sejak kapan ya bun bayi dapat mulai berbicara? Yap, sejak usia 0-3 bulan pun bayi sudah mulai belajar untuk mengeluarkan suara dengan berbicara, menirukan suara-suara dan mengenali berbagai suara. Lalu bagaimana caranya menstimulasi kemampuan bicara dan bahasa bayi? Simak berikut ini ya bun!

1. Berbicara
Untuk dapat merangsang bayi segera berbicara ajaklah bayi berbicara setiap hari dan sesering mungkin. Gunakan setiap kesempatan untuk mengajak bayi bicara seperti saat memandikan bayi, mengenakan pakaiannya, saat ditempat tidur, ketika bunda sedang melakukan pekerjaan rumah tangga, dan sebagainya. Ingat ya bun, bayi tidak pernah terlalu muda untuk diajak bicara.

2. Meniru suara-suara
Ketika bayi sudah mulai mengoceh, tirukan suara bayi sesering mungkin, maka bayi akan menirukan kembali suara bunda. Begitulah bun, memiliki buah hati yang masih bayi terkadang membuat bunda nampak kurang kerjaan karena berbicara dengan bayi yang nampak tak mengerti dengan omongan bunda atau spontanitas suka menirukan ocehan bayi yang tidak jelas kata-katanya.

3. Mengenali berbagai suara
Bunda bisa mengajak bayi mendengarkan berbagai suara seperti musik, radio, televisi, orang berbicara, dan sebagainya. Selain itu bunda bisa juga membuat suara dari kerincingan, mainan yang dipencet atau bel. Lalu perhatikan, bagaiman reaksi bayi terhadap suara yang berlainan.

Semoga bisa menjadi panduan yang bermanfaat,,,

1 komentar: