Sabtu, 03 Maret 2018

Cara Mengatasi Pilek pada Bayi Dibawah 6 Bulan

Melihat si buah hati selalu sehat adalah harapan setiap orang tua, ketika si kecil terkena pilek pasti bikin nggak tenang ya bunda karena dia pasti rewel. Pasti kita sebagai orang tua jadi nggak tega, bunda tentunya bakal melakukan yang terbaik biar si kecil cepat sembuh dan kembali ceria.
Untuk bayi dibawah 6 bulan sebaiknya belum diberi obat ya bun jika terkena pilek. Tapi bunda bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasi pilek pada si buah hati dengan menghindari pemberian obat. Berikut tips mengatasi pilek pada bayi yang pernah aku lakukan saat sheza terkena pilek:

  1. Berikan ASI lebih sering. Jika bunda biasa memberikan ASI perah maka berikan ASI secara langsung dengan menyusui bayi. Dengan meningkatkan pemberian ASI maka akan meningkatkan zat kekebalan tubuh yang diperoleh dari ASI. 
  2. Jemur bayi dibawah matahari pagi, dimana matahari pagi sangat bermanfaat untuk bayi. Diantara sekian banyak manfaat lainnya yaitu mencegah bayi kuning, menggilangkan grok-grok pada pernapasan bayi, dan menghilangkan merah-merah pada kulit bayi, berjemur matahari pada pagi hari juga bermanfaat untuk bayi yang sedang terkena pilek. Untuk jemur bayi lakukan 15-20 menit di pagi hari sekitar pukul 07.00 - 08.00 WIB jadi jangan terlalu pagi dan juga jangan terlalu siang ya bun. 
  3. Tengkurapkan bayi di pangkuan bunda, lalu tepuk-tepuk halus atau lakukan husapan pada punggung bayi agar lendir yang menyumbat hidung bisa keluar. 
  4. Hindari menggunakan pakaian yang membuat bayi tidak nyaman, jangan memberikan pakaian yang berlapis-lapis atau terlalu tebal.
  5. Makan makanan yang bergizi. Ini dilakukan oleh bunda loh bukan si baby, hehehe. Kenapa demikian? Karena dengan makan yang bergizi tentunya akan meningkatkan kualitas ASI yang akan diberikan ke bayi ya bun.

Nah, ketika melakukan kelima hal diatas alhamdulillah pilek yang dialami sheza sudah bisa teratasi. Jika lendir yang keluar di hidung si kecil cukup banyak bunda bisa mengeluarkannya dengan menggunakan nose clear (nose nasal aspirator), bunda bisa membelinya di baby shop atau banyak dijual di toko online kok bun. Semoga tulisan ini bermanfaat bunda,,,

1 komentar: