Rabu, 25 April 2018

Macam-Macam Pakaian Bayi

Tak kalah dengan orang dewasa, si bayi mungil juga memiliki jenis pakaian yang bermacam-macam mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Jadi kalau mau belanja pakaian buat bayi bunda jangan sampai ada yang ketinggalan ya,,

1. Topi bayi
Topi bayi adalah salah satu pakaian wajib yang dikenakan bayi ketika bayi baru lahir ya bunda.  Ketika baru lahir, setelah bayi dibersihkan harus langsung dikenakan topi. Ini sangat penting, kenapa? Karena selain untuk menjaga kehangatan tubuh si bayi, manfaat penting topi yaitu untuk menjaga ubun-ubun bayi yang bun, dimana ketika bayi baru lahir sampai beberapa bulan ubun-ubun bayi belum menutup sempurna. Selain dari sisi manfaat topi juga bisa menampak cantik penampilan si bayi loh.

2. Sarung tangan-kaki bayi
Saat baru lahir sampai beberapa minggu bunda bisa mengenakan sarung tangan-kaki pada bayi. Namun setelahnya sarung tangan tidak perlu dipakai terus-menerus ya bunda, kenapa? Karena dari gerakan dari tangan bayi bunda juga dapat mengetahui tanda jika bayi merasa lapar, yaitu seperti ingin mengenyut jarinya sendiri.

3. Gurita bayi
Sebenarnya pemakaian gurita bayi sudah tidak dianjurkan oleh dokter anak ya bun, tapi bagi sebagain orang-orang dulu masih mempercayai segudang manfaat gurita mulai dari menghangatkan badan bayu, membentuk perut bayi atau membuat punggung jadi tegak. Tapi jika bunda ingin tetap menggunakan gurita bayi jangan terlalu kencang ya bun, karena dapat mempengaruhi pernapasan bayi.

4. Baju atasan pendek
Baju pendek bisa digunakan pada saat siang hari karena suhu udara yang tidak terlalu dingin.

5. Baju atasan panjang
Saat malam hari dengan suhu udara yang cukup dingin bunda bisa menggunakan baju panjang untuk dikenakan bayi, supaya bayi nggak kedinginan.

6. Baju atasan buntung
Nah kalau untuk baju buntung yang tidak memakai lengan ini bisa digunakan pada siang hari saat cuaca cenderung panas. Bayi juga seperti kita ya bun, dia tidak suka panas. Bahkan pada beberapa bayi akan menyebabkan biang keringat jika kegerahan akibat cuaca panas.

7. Kaos dalam bayi
Untuk kaos dalam bayi ini bisa mulai dikenakan pada bayi setelah tidak memakai gurita.

8. Popok bayi
Popok bayi memang tidak hanya satu macam ya bun, ada popok kain, popok sekali pakai dan clodi. Saran nih bun, untuk bayi baru lahir banget pilih popok kain dulu, selanjutnya terserah bunda mau pakai popok sekali pakai atau clodi. Pemakaian popok kain biasanya mulai bayi baru lahir sampai beberapa minggu atau satu bulan, kecuali bunda langsung beralih ke popok sekali pakai ya.

9. Jumsuit pendek
Jumsuit pendek bisa digunakan untuk dirumah atau bepergian, sekarang banyak jumsuit yang lucu-lucu juga loh bun.

10. Jumsuit panjang
Jumsuit panjang ini  cocok digunakan saat bayi bobok di malam hari karena bentuknya yang cukup nyaman dan menghangatkan.

11. Celana pop
Setelah beralih dari popok kain maka selanjutnya bunda dapat memakai celana pop untuk si buah hati. Atau memakai popok sekali pakai dulu baru celana pop. Kalau clodi kebetulan aku nggak pakai bun.

12. Celana pendek
Ketika celana pop udah nampak kekecilan bisa beralih ke celana pendek biasa ya bun. Cocok digunakan bayi pada siang hari.

13. Celana panjang
Celana panjang bisa digunakan mulai beralih dari popok kain, untuk dikenakan bayi pada malam hari. Ada dua macam celana panjang yaitu celana lanjang biasa dan celana panjang buntung. Jika cuaca dingin, celana panjang buntung bisa jadi pilihan bunda.

14. Selimut bayi
Selimut bayi ini diperlukan saat bayi tidur di malam hari atau disaat cuaca dingin agar bayi tidak kedinginan.

15. Bedong bayi
Inti dari membedong bayi adalah memberi kehangatan, waktu paling utama adalah setelah mandi dan menjelang tidur di malam hari.


1 komentar: