Selasa, 03 April 2018

Berenang Untuk Bayi

Berdasarkan penelitian yang ada, bayi sebenarnya sudah bisa diajarkan berenang. Kenapa demikian? Karena sejak saat didalam kandungan bayi sudah terbiasa berada di dalam cairan selama 9 bulan. Dalam cairan ketuban bayi akan merasa nyaman dan hangat. Karena itu sejak lahir bayi akan memiliki kemampuan instingtif untuk bergerak dibawah air dan tidak takut berasa didalam air. Pada usia sekitar 4 bulan bayi telah memiliki reflek menyelam yang mencegahnya menelan air saat berada di dalam air. Itu sebabnya pada usia ini si kecil akan sangat mudah untuk dilatih berenang.
Tapi setelah otaknya berfungsi dengan baik, maka reflek ini berangsur menghilang, sehingga mau tak mau si kecil harus kembali belajar menahan napas saat berada di dalam air.

Untuk memulai belajar berenang, sebaiknya bunda memperkenalkan si kecil lebih dulu untuk bermain di bak mandi atau di kolam plastik. Pastikan air yang digunakan cukup hangat, yaitu minimal 33 derajat celsius, sehingga dia nggak kedinginan ya bun. Kolam renang kecil ini akan membantunya mengenal sensasi berada di dalam air. Dan jika bunda ingin mengajari bayi berenang dengan menggunakan neckring sebaiknya saat bayi sudah kuat mengangkat kepalanya sendiri ya bun.

Hasil penelitian di Melbourne, Australia menunjukkan, secara statistis IQ anak-anak yang diajarkan berenang sejak bayi akan lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak diajarkan berenang atau diajarkan berenang setelah usia 5 tahun. Anak-anak tersebut diukur IQ-nya pada saat berusia 10 tahun. Tak hanya itu, pertumbuhan fisik, emosional dan sosialnya pun lebih baik. Penelitian lain menunjukkan, bayi lebih gampang diajarkan berenang daripada orang dewasa, karena bayi tidak memiliki faktor X semisal bahaya. Bukankah bayi belum mengerti bahaya?  Lagi pula, bayi sangat menyukai air, saat bunda memandikan si buah hati biasanya dia akan nampak senang bermain-main dengan air. Nah, hal ini membuatnya menjadi lebih mudah belajar berenang. Jika bunda mengenalkan aktivitas renang sejak bayi maka dapat menghilangkan rasa takut bayi pada air. Banyak anak tak mau belajar renang karena takut air. Jadi bun, sarana bermain anak tak harus di kamar atau di taman ya.

Dengan bermain air, otot-otot bayi berkembang, persendiannya tumbuh secara optimal, pertumbuhan badannya meningkat, dan tubuh pun jadi lentur. Dengan kata lain, semua komponen tubuhnya akan terlatih melalui renang karena seluruh anggota tubuh digerakkan mulai dari kaki, tangan hingga kepala digerakkan walaupun belum menggunakan teknik yang sempurna. Bayi jadi terlatih dan daya tahan tubuhnya pun lebih terjaga.

1 komentar: